Kisah Kancil dan Kera Bekerjasama Dalam Perlombaan

Dikisahkan ada seekor kera menantang seekor kancil mangadakan lomba demi membuktikan siapa yang terbaik diantara mereka berdua. Lalu mereka meminta tupai untuk menjadi juri dalam perlombaan ini.


Perlombaan pertama adalah siapa yang paling cepat mencapai puncak pohon, siapa yang lebih dulu sampai di atas maka dia menjadi pemenangnya. Lomba pun dimulai dan sudah dapat ditebak, kera yang menjadi pemenangnya.

Lanjut ke perlombaan kedua, siapa yang paling cepat sampai di puncak gunung maka dia yang jadi pemenangnya. Lomba kedua dimulai, dan kancil yang jadi pemenangnya.

Dari kedua lomba ini mereka berdua sama-sama mengeluh, kancil mengeluh kalau dia tak mungkin bisa memanjat secepat kera. Begitu juga kera mengeluh, mana bisa ia berlari secepat kancil.

Akhirnya mereka melanjutkan perlombaan yang ketiga, yaitu siapa diantara mereka yang lebih dulu mencapai puncak gunung kemudian lanjut memetik buah yang terdapat di pohon tertinggi disitu. Lomba ketiga pun dimulai.

Kancil berlari sangat cepat sementara kera tertinggal di belakang, Kancil dipastikan akan mencapai puncak gunung lebih dulu, tapi di tengah jalan dia berpikir bagaimana caranya nanti dia memanjat pohon untuk memetik buah yang ada diatasnya? Akhirnya kancil pun bekerjasama dengan kera agar skor perlombaan sama-sama imbang.

Kancil bersedia membantu kera untuk melewati medan ke arah puncak gunung, sementara kera juga bersedia membantu kancil untuk memanjat pohon dan mengambil buah yang ada diatasnya.

*****

Pesan moral yang dapat diambil dari cerita di atas adalah, antara kera dan kancil mempunyai kelebihan yang berbeda, tapi bila masing-masing kelebihan itu digabungkan, maka bisa mencapai kesuksesan dan keberhasilan.

Begitu juga dengan kita, setiap manusia pasti mempunyai keunggulan yang berbeda satu dengan lainnya. Kalau kita hanya sibuk saling menjelekkan atau menjatuhkan maka kelebihan yang dimiliki tidak akan membuahkan apa-apa. Tapi jika masing-masing kelebihan itu disinergikan atau disatukan maka kita semua akan meraih kesuksesan dan hasil yang maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Kancil dan Kera Bekerjasama Dalam Perlombaan"

Posting Komentar